Footer


*WANITA & ISLAM*WANITA & ISLAM*WANITA & ISLAM*

Cursor

SAHABAT WANITA ISLAM

Tuesday 23 August 2011

Doa untuk ibu bapa




Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad hamba-Mu dan
rasul-Mu dan ahli baitnya yang suci, istimewakan mereka dengan yang
paling utama dari rahmat-Mu, kasih-Mu, kemuliaan-Mu dan kedamaian-
Mu. Ya Allah, istimewakan juga kedua orang tuaku dengan kemuliaan di
sisi-Mu dan rahmat-Mu wahai Yang Paling Pengasih dari segala yang
mengasihi.

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan
keluarganya
Ilhamkan kepadaku ilmu tentang kewajibanku
Gabungkan bagiku seluruh ilmu itu secara sempurna
Gerakkan aku untuk mengamalkan apa yang Kau ilhamkan kepadaku
Bimbinglah aku untuk melaksanakan pengetahuan yang telah Kau
tunjukkan kepadaku
Sehingga
aku tidak kehilangan waktu untuk mengamalkan apa yang telah
Kau ajarkan kepadaku
dan anggota badanku tidak berat untuk melakukan apa yang
telah Kau ilhamkan kepadaku

Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
sebagaimana telah Kau muliakan kami dengannya
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
sebagaimana telah Kau wajibkan bagi kami hak terhadap makhluk-Mu
karenanya

Ya Allah, jadikan takut kepada kedua orangku seperti takut
akan penguasa zalim, dan berbuat bajik kepada keduanya dengan
kebajikan ibu yang penyayang
Jadikan ketaatanku kepada kedua orang tuaku dan kebajikanku
kepada mereka
lebih menenteramkan hatiku dari tidur kepada orang yang
mengantuk
lebih menyejukkan hatiku dari seteguk air bagi yang kehausan
Sehingga
aku dahulukan kehendak mereka di atas kehendakku
aku utamakan ridha mereka di atas ridhaku
aku anggap banyak kebajikannya walaupun sedikit
dan aku anggap sedikit kebajikanku walaupun banyak

Ya Allah, indahkan kepada mereka ucapanku, haluskan kepada
mereka tabiatku, lembutkan kepada mereka hatiku, jadikan aku orang
yang sangat mencintai mereka.

Ya Allah, balaslah kebaikan mereka karena telah mendidikku,
berikan ganjaran kepada mereka karena telah memuliakanku, jagalah
mereka sebagaimana mereka memeliharaku pada masa kecilku,

Ya Allah,
untuk setiap derita yang menimpa mereka karenaku
untuk setiap hal yang tidak enak yang mengenai mereka
karenaku
untuk setiap hak mereka yang aku abaikan
jadikan semua itu penghapus terhadap dosa-dosa mereka
ketinggian derajat mereka
kelebihan dalam kebaikan mereka
Wahai Yang Mengubah keburukan dengan kebaikan secara
berlipat ganda

Ya Allah,
untuk setiap pembicaraan mereka yang melanggar batas
terhadapku
untuk setiap perbuatan yang berlebihan terhadapku
untuk setiap hak-ku yang mereka lalaikan
untuk setiap kewajiban terhadapku yang mereka abaikan
semua sudah aku berikan kepada mereka dan aku ikhlaskan atas
mereka
dan aku tidak membenci mereka cara mereka memperlakukanku.

Ya Allah
mereka mempunyai hak terlalu besar dari diriku
kebaikan yang terlalu utana terhadapku
perberian yang terlalu banyak bagiku
sehingga aku tidak dapat membalasnya dengan adil atau
memberikan kepada imbalan sepadan

Duhai Tuhanku
bagaimana harus kubalas budi mereka
lamanya kesibukan mereka untuk mengurusku
beratnya kelelahan mereka menjagaku
dan penanggungan mereka akan kesempitan untuk memberikan
keleluasaan bagiku

Aduhai
Aku tidak akan bisa memenuhi hak mereka terhadapku
Aku tidak mampu melaksanakan kewajibanku kepada mereka
Aku tidak sanggup menjalankan kewajibanku untuk berkhidmat
kepada mereka
Maka, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya
Bantulah aku
Wahai Yang Paling baik untuk dimintai bantuan
Bimbinglah aku
Wahai Pembimbing yang dirindukan
Jangan jadikan aku orang yang durhaka kepada ayah bunda
pada hari ketika setiap diri dibalas karena hasil kerjanya
dan mereka tidak dianiaya

Ya Allah
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Istimewakan kedua orang tuaku dengan yang paling utama dari
apa yang Kau istimewakan kepada orang tua wahai Yang Paling Pengasih
dari segala yang mengasihi

Ya Allah
Jangan biarkan aku lupa untuk menyebut mereka sesudah
shalatku
pada saat-saat malamku, pada saat-saat siangku

Ya Allah
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Ampunilah aku dengan doaku kepada mereka dengan ampunan yang
sempurna
Ampunilah kedua orang tuaku dengan kebaikan mereka padaku
Ridhailah mereka dengan pertolonganku untuk mereka dengan
keridhaan yang paripurna
Sampaikan mereka dengan anugerah-Mu kepada tempat-tempat
kesejahteraan

Ya Allah
Jika ampunan-Mu lebih dahulu sampai kepada mereka,
izinkan mereka untuk memberi pertolongan kepadaku
Jika ampunan-Mu lebih dahulu sampai kepadaku,
izinkan aku untuk memberi pertolongan kepada mereka
Sehingga dengan kasih sayang-Mu kami berkumpul di rumah-Mu
yang mulia
di tempat ampunan dan kasih-Mu
Sungguh Engkau Pemilik karunia yang besar dan anugerah yang
abadi
Engkaulah Yang maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

(Doa ini adalah doa Imam Ali Zainal Abidin cucu Rasulullah
saw, yang diajarkan oleh ayah dan kakeknya, Shahifah Sajjadiyah, doa
ke 24)
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...